oleh

Pelantikan Sekwan DPRD Mendapatkan Penolakan Sejumlah Anggota DPRD Barru

-BarruPos

BARRU POS– Bupati Suardi Saleh telah melantik dan mengambil sumpah Eselon II,III dan IV pejabat dalam lingkup pemerintah Kabupaten Barru.

Acara pengambilan Sumpah dan pelantikan pejabat Pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas lingkup Pemerintah Kabupaten Barru berlangsung di Menara Kantor Bupati Barru, Lantai 6 pada Jumat (11/10/2019) siang.

Dari ke 20 orang yang dilantik ada Kepala Kesabngpol. Ia di lantik menjadi Sekwan DPRD Barru menggantikan Plt Sekwan Barru Andi Muhammad.

Terkait pelantikan dan pergantian Sekwan Suardi Saleh mendapatkan tanggapan keras dari sejumlah anggota DPRD Barru.

Anggota DPRD Barru dari partai Gerindra Barru H.Ikbal mengatakan Sekwan diangkat dan di berhentikan dengan keputusan Bupati persetujuan dari DPRD.

Dikatakan H.Ikbal pelantikan sekwan yang di lakukan oleh Bupati Suardi Saleh telah melanggar aturan yang berlaku.

Yang mana dalam UU 23 tahun 2014 dan PP 18 tahun 2018 dan UU MD3 itu sudah jelas mengatakan bahwa bupati harus memberitahu DPRD bahwa sekwan mau di berhentikan.

Jika ingin mengangkat atau mengganti Sekwan Bupati mengajukan 3 calon kepada pimpinan DPRD. Kemudian pimpinan DPRD berkonsultasi dengan pimpinan Fraksi-fraksi DPRD. Baru kemudian DPRD memberikan persetujuan untuk salah satu calon kepada bupati.

Dengan pelantikan dan pergantian Sekwan yang dilakukan oleh Bupati Suardi Saleh, tidak melalui mekanisme yang benar maka DPRD Barru telah menyatakan sikap tegas dan Protes.

“Kami sudah jelas, menolak pelantikan sekwan yang dilakukan Bupati Jumat siang ini.

Karena bupati hanya menyampaikan sepihak saja yaitu hanya unsur Pimpinan DPRD tertentu.Sementara Fraksi Golkar dan PKB, dan unsur gabungan lain tidak pernah disampaikan,” jelas H.Ikbal.

Baca Juga  Dianggap Keliru, Ini Tanggapan Bakormas ke PMD Barru
Baca Juga  Mahasiswa KKP Unismuh bersama RSUD Barru dan PMI adakan Donor Darah
Baca Juga  22 Mobil Antar Balon Wakil Bupati Kompol Aska Mappe ke Nasdem Barru

Sampai sejauh ini keterangan dari Pimpinan Fraksi Golkar belum mengetahui mendapatkan surat perihal atas pemberhentian sekwan dan perihal mengangkat Sekwan baru dari Bupati.

Saya terkejut ketika ada pergantian Sekwan,”tegas Anggota DPRD Barru H.Ikbal saat menemui wartawan di warkop Daeng Lallo, Jalan Sultan Hasanuddin,Kecamatan Barru,Kabupaten Barru,pada Jumat (11/10/2019).

H.Ikbal menambahkan bahwa, pihaknya akan mengirim surat menolak pelantikan Sekwan.

“Insya Allah beberapa hari kedepan Fraksi-fraksi akan agendakan RDP dengan OPD terkait pelantikan Sekwan DPRD Barru,” ujarnya H.Ikbal.

Sumber: H.Ikbal Anggota DPRD Barru

Komentar

News Feed