pasang iklan 970x250
oleh

Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Alam Tingkat Kelurahan Tuwung

Media Sosial

Barrupos.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barru, Yang Diwakili Oleh Kabid Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Bencana Sebagai Narasumber Dalam Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022 di Kelurahan Tuwung Yang Diselenggarakan Pada Hari Rabu (03/08) Bertempat Di Aula Kantor Lurah Tuwung, Kecamatan Barru Kabupaten Barru.

Selain Dari BPBD Kabupaten Barru, Juga Turut Hadir Babinkantibmas Kel. Tuwung Pak Harun, Kegiatan Diikuti oleh 30 orang Peserta Yang Terdiri Dari Tokoh Masyarakat dan Peserta KKN UNHAS Kelurahn Tuwung

Para Peserta Diberikan Pemahaman Dan Pengetahuan Tentang Potensi Ancaman Bencana, Serta Cara Menanggulangi Ancaman Bencana, Sehingga Diharapkan Para Peserta Mampu Mengantisipasi Bencana Yang Akan Terjadi.

Latihan Kesiapsiagaan Bencana Ini Juga Diartikan Sebagai Bentuk Latihan Koordinasi, Komunikasi Dan Evakuasi Dengan Melibatkan Seluruh Pemangku Kepentingan (Pemerintah Dan Masyarakat Umum). Seluruh Pihak Yang Terlibat Mensimulasikan Situasi Bencana Sesungguhnya Menggunakan Skenario Bencana Yang Dibuat Mendekati Atau Sesuai Kondisi Nyata. Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Bertujuan Agar Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Melaksanakan Standart Operasional Prosedur (SOP) Yang Telah Dibuat.

• Menilai Tindakan Respon / Reaksi Masyarakat, Baik Individu, Keluarga Dan Komunitas Untuk Melakukan Evakuasi Yang Terencana.

• Mengkaji Kemampuan Peralatan Penunjang Komunikasi Sistem Peringatan Dini, Penunjang Evakuasi, Serta Penunjang Tanggap Darurat.

• Mengkaji Kerja Sama Antar Institusi / Organisasi Lokal Yang Ada DiKelurahan

• Melakukan Evaluasi Dan Mengidentifkasi Bagian Persiapan Dan Perencanaan Yang Perlu Diperbaiki Dan Ditingkatkan.

Pemerintah Melalui Inisiasi BPBD Mencanangkan  Kepelatihanan Kepada Masyrakat Kelurahan Terkait Latihan Evakuasi Mandiri Merupakan Aktivitas Utama Yang Dilaksanakan Dan Diikuti Oleh Beberapa Kalangan Masyarakat.

Pak Muhaimin Kabid Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Bencana Dari BPBD Kabupaten Barru Menyampaikan Dalam Kegiatan Meningkatkan Pengetahuan Terkait Pencegahan Bencana Alam, Berharap Agar Dengan Rutinnya Dilakukan Pelatihan Ini Mampu Menambah Kecakapan Dan Kesiagaan Masyarakat Dalam Menanggulangi Bencana, Serta Dapat Menghasilkan Sebuah Peta Kesiagaan Yang Berisikan Jalur Dan Posisi Evakuasi, Pedoman Evakuasi Tentunya Akan Bermanfaat Bagi Sasyarakat Dalam Menyamakan Pikiran Dan Mensosialisasikan Kepada Masyarakat.

Baca Juga:  Cegah Wabah Virus Corona, Satlantas Polres Sergai Laksanakan

Dengan Kegiatan Ini Diharapkan Kita Memiliki Peta Mitigasi Sehingga Kelurahan Tangguh Bisa Kita Wujudkan Dan Kita Terapkan, Ketika Bencana Akan Terjadi, Masyarakat Sudah Tahu Apa Yang Harus Dilaksanakan Dan Kemana Harus Mengevakuasi Diri Dan Menyelamatkan Diri.

Lurah Tuwung Hidayatuddin, Menyampaikan Bahwa Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kelurahan Yang Saat Ini Berlangsung Di Tuwung Merupakan Momentun Terbaik Buat Kami Pihak Kelurahan Dan Para Peserta Yang Merupakan Warga Tuwung Menjadi Pembelajaran Terbaik Dalam Merespon Setiap Bencana Yang Akan Terjadi Dengan Cara Yang Paling Baik Dan Tepat, Kami Juga Mengucapkan Terima Kasih Kepada Stakeholder Terkait Karena Sudah Menjadi Tuwung Salah Satu Locus Pelaksanaannya. Tutupnya

Reporter : Darwis

Komentar

News Feed