oleh

Pencanangan Rumah Restoratife Justice (RJ) di Kantor Lurah Sumpang Binangae

Media Sosial

Barrupos.com-Pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2022 sekitar pukul 10.15 wita telah dilaksanakan Pencanangan Rumah Restoratife Justice (RJ) di Kantor Lurah Sumpang Binangae.

Kegiatan pencanangan rumah RJ ini diawali dengan sosialisasi yang langsung di sampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Barru bapak Taufiq Djalal, SH. MH.
Pada kesempatan tersebut, Kajari menyampaikan “ rumah RJ ini dibuat agar permasalahan khususnya Pidana dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan musyawarah terlebih dahulu sebagaimana prinsip orang tua kita terdahulu “ Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’ dan pidana adalah langkah terakhir “ultimum remidium”.

Dilanjutnya penyampaian Kajari, tokoh – tokoh masyarakat, tokoh Agama, babinsa dan bhabinkantibmas serta pemerintah daerah dalam hal ini Lurah dan anggotanya sangat berperan untuk menciptakan keamanan dan kekeluargaan di masyarakat.

“Ada pelaku – pelaku kejahatan yang memang harus mendapatkan hukuman sebagaimana perbuatan yang dilakukan, namun ada juga perkara – perkara yang sebaiknya dilakukan proses mediasi terlebih dahulu dalam penyelesaiannya agar tercipta kerukunan di masyarakat”.

Pada kesempatan tersebut tokoh masyarakat yang hadir sangat antusias karena berharap Kejaksaan Negeri Barru dapat juga memberikan pencerahan – pencerahan agar seluruh permasalahan yang mudah diselesaikan dapat diselesaikan secara kekeluargaan terlebih dahulu.

Pencanangan Rumah RJ tersebut pertama kali dilakukan Kejaksaan Negeri Barru di Kabupaten Barru dan tidak menutup kemungkinan pencanangan Rumah RJ juga dapat dilakukan di Kelurahan dan desa – desa yang lain yang ada di Kabupaten Barru “ sambung Catur Hidayat Putra Kasi Pidum Kejari Barru.

Sumber : Iyyu

Baca Juga:  Sekda Barru Ingatkan Santri Tak Takut Periksakan Diri

Komentar

News Feed