Penting, Pengelolaan Berkelanjutan Air Minum dan Sanitasi

BARRU POS — Sekretaris Beppada Barru, Umar, membuka secara resmi rapat koordinasi Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Perdesaan, di Aula Rapat Kantor Beppeda Kabupaten Barru, Rabu (11/09/2019).

Dalam pertemuan nasional tersebut dibahas isu-isu terkait pelaksanaan peran dan fungsi asosiasi, antara lain terkait kinerja Kelompok Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS), akses pendanaan air minum dan sanitasi (AMS) dari lembaga keuangan di tingkat kabupaten/kota, juga masalah data pemanfaat.

Dalam sambutan dan arahannya, Sekretaris Beppeda Umar, menyampaikan betapa pentingnya keberadaan KP-SPAMS dalam mengelola keberlanjutan sarana yang dibangun melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS).

“Strategi yang perlu dikedepankan adalah kolaborasi oleh berbagai pihak yang terkait dengan program dan pendanaan bagi penyediaan air minum dan sanitasi untuk secara bersama-sama mendukung pencapaian target akses universal air minum dan sanitasi kepada masyarakat,” tuturnya.

“Program ini memberikan dukungan baik untuk investasi fisik melalui pembangunan sarana dan prasarana, maupun investasi non fisik dalam bentuk dukungan teknis dan peningkatan kapasitas,” paparnya.

Salah satu aspek yang menentukan keberlanjutan program PAMSIMAS adalah terbentuknya KP-SPAMS. KP-SPAMS bertugas mengelola operasi dan pemeliharaan dari sistem penyediaan air minum yang sudah dibangun oleh PAMSIMAS.

Ramlawati, Ahmad koordinator Kabupaten Program PAMSIMAS, ucapkan terimakasih para undangan yang telah hadir dalam kegiatan program PAMSIMAS itu hadir untuk masyarakat, dalam pengelolaan air bersih dan memberikan air untuk rakyat yang layak.” katanya Ramlawati.

Kasman Ketua asosiasi, umar SKM,M.kes Sekretaris Bappeda, harapan kami teman-teman yang hadir dalam kegiatan ini bisa memberikan solusi terkait keluhan dalam program PAMSIMAS, karena PAMSIMAS hadir untuk masyarakat.” ucapnya Kasman.

Turut hadir Sekretaris Bappeda Barru, Koordinator PAMSIMAS, Ketua Asosiasi PAMSIMAS, sejumlah Kepala Desa Kabupaten Barru, para kelompok masyarakat yang hadir,Baznas Barru, LSM dan Media Online yang hadir, pengurus PAMSIMAS, dan perbankan.

Penulis: Redaksi Barrupos.com

Barrupos

Tinggalkan Balasan

Next Post

Perempuan Tewas Gantung Diri di Barru Diduga Akibat Depresi

Rab Sep 11 , 2019
BARRU POS – Seorang perempuan Hj.Hanisa (59) ditemukan tewas gantung diri di rumahnya sekitar pukul 21.30 wita, di dalam kamar belakang rumah lantai atas di Lingkungan Padongko, Kelurahan Mangempang Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.Rabu (11/09/2019). Saksi yang pertama kali melihat korban terikat lehernya dengan kain jilbab berwarna biru muda yang terlilit  […]

BERITA TERBARU