oleh

Polres Barru Tembak, Pelaku Pencurian dan Kekerasan

-Berita-1.281 views
Media Sosial

BARRU POS —Reskrim Polres Barru dibackup Tim Resmob Polda Sulawesi Selatan dipimpin oleh IPDA Sunardi berhasil menangkap pelaku Pencurian dengan kekerasan pada hari Kamis 05 Desember 2019 sekitar pukul 00.50 wita di Kelurahan Tanete Harapan Kecamatan Cina Kabupaten Bone.

Petta Lolo (53) dan N als Yani (42) merupakan suami istri yang melakukan kejahatan terhadap korban Suherman yang terjadi pada hari Senin 18 November 2019, Sekitar pukul 08.00 Wita.

Lokasi pencurian berada di Jalur dua Garongkong Kecamatan Barru, kerugian yang dialami yaitu lima juta rupiah dan korban yang kedua yaitu DG Tima  terjadi pada tanggal 1 November 2019 dengan kerugian berupa 4 buah cincin emas.

Dari penangkapan para pelaku tersebut diamankan barang bukti berupa satu unit handphone merek Nokia satu unit handphone merek Samsung type SM- B109E warna hitam satu unit handphone merek Samsung SM- B319E. Satu buah kalung perhiasan Emas seberat  8 Gram. Empat buah cincin Emas dengan total seberat 7 Gram.

Satu buah cincin permata. Dua buah KTP atas nama Andi syahrir dan Nurhayani. satu buah kartu BPJS, Andi syarir. Satu buah STNK R2, Adrian sulhera. Beberapa lembaran kertas yang digunakan sebgai uang palsu untuk mengelabuhi Korban, satu buah Dompet warna cokelat.

Kapolres Barru AKBP Welly Abdillah yang di konfirmasi melalui via telepon, Jumat (06/12/2019) mengatakan berawal dari laporan polisi tersebut diatas kemudian dilakukan serangkaian penyelidikan dimana sebelumnya telah dilakukan pulbaket terhadap para saksi serta petunjuk awal yang ditemukan pada tkp hingga diperoleh baket terkait ciri-ciri pelaku, setelah keberadaan pelaku teridentifikasi yakni berada di Wilayah Kabupaten Bone.

Polisi pun langsung bergerak dan melakukan penangkapan terhadap pelaku dimana dalam introgasi Awal yang dilakukan pelaku AS mengakui telah melakukan aksi pencurian tersebut bersama pelaku lainnya yang saat ini sedang bersembunyi di wilayah Sidrap.

Baca Juga:  Polda Kalbar Sita 5.200 Liter BBM Bersubsidi di Melawi, Pihak SPBU Turut DIperiksa

Hingga polisi pun langsung bergerak cepat berdasarkan petunjuk dari pelaku AS hingga pada hari Kamis 5 November 2019 sekitar pukul 11.30 wita di Desa Panreng Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap, Polisi pun kembali berhasil mengamankan pelaku lainnya yakni N.

Modus operandi Kedua pelaku pertama-tama pelaku masuk wilayah Barru dengan Cara mobile mencari targetnya, dimana pelaku setiap ingin beraksi pelaku mengincar korban yang sudah berumur tua.

Setelah para pelaku menemukan calon korbannya, pelaku pun mendatangi korbannya kemudian membujuk dengan segala rayuan hingga korbannya naik diatas mobil, setelah korban diatas mobil pelaku pun langsung membawa korban keliling-keliling sambil merampas secara paksa barang bukti tersebut.

Pelaku pertama-tama menawarkan benda-benda unik, menggandakan uang, berpura-pura ingin menyumbang ke pantiasuhan/mesjid, bertanya Alamat dan lain sebagainya. Kemudian setelah korban termakan bujuk rayuan pelaku, korban pun secara tidak sadar langsung menyerahkan barang apapun yang diminta oleh pelaku.

Namun jika modus pelaku dengan cara tipuan tidak berhasil pelaku pun tiba-tiba langsung merampas barang korban.

Saat dilakukan introgasi, Pelaku mengakui telah melakukan beberapa kejahatan lainnya diwilayah Kabupaten Barru dan dari informasi didapat bahwa pelaku merupakan residivis Saat tim melakuakan pengembangan terhadap kejahatan lainnya, pelaku AS tiba-tiba memberontak, melawan petugas dan melarikan diri, hingga tindakan tegas terukur dilakukan dengan cara mengeluarkan tembakan peringatan sebyak tiga kali ke udara namun tindakan tersebut tidak diindahkan oleh pelaku hingga dgn tegas tembakan diarahkan ke kaki pelaku dan Selanjutnya dibawa ke RSUD Barru guna dilakukan penanganan Medis.” jelasnya AKBP Welly Adillah.

Sementara pelaku saat ini diamankan di Mapolres Barru guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Laporan: Sudirman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed