oleh

Prodi Administrasi Bisnis IISIP YAPIS Biak Menyelenggarakan FGD Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Media Sosial

Barrupos.com-Biak, Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar-kampus merdeka (MBKM) dalam meningkatkan daya saing lulusan program studi administrasi bisnis pada fakultas ilmu administrasi IISIP Yapis Biak.

Kegiatan FGD dilaksanakan Sabtu, 17 September 2022 di auditorium IISIP Yapis Biak, kegiatan ini dihadiri Pimpinan PT. Pelindo IV Biak, Pimpinan KPP Pratama Biak, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Biak, Pimpinan PT. Hadi supermarket Biak, ketua PHRI kabupaten Biak Numfor, Alumni program studi administrasi bisnis, pimpinan PT. Angkasa Pura I Biak, dan Pimpinan PT. Hasjrat abadi cabang Biak.

Ketua Pelaksanaan Program Dr. Dahlan, S. Pd., M. Pd., M. Si. melaporkan bahwa penyelenggaraan FDG Pengembangan Kurikulum Dalam mewujudkan daya saing lulusan prodi administrasi bisnis. Hal ini dilakukan guna respon Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya, dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke 21 ini.

Dilanjutkan oleh sambutan oleh Rektor IISIP YAPIS BIAK, Bapak Drs. Djamil Hasim, M. Si Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya mitra-mitra dapat memunculkan terobosan-terobosan untuk pengembangan kurikulum. Setelah adanya pengembangan kurikulum ini diharapkan Untuk meningkatkan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri serta masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan.

FGD dipandu oleh Wakil Rektor I IISIP YAPIS BIAK Dr. Amiruddin, SE., M. Si, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)”. Untuk itu seluruh perguruan tinggi di jenjang pendidikan tinggi akademik agar dapat melakukan penyesuaian kurikulum dan meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan SN-Dikti dan mendukung program MBKM. Adapun program yang telah diikuti oleh mahasiswa IISIP YAPIS Biak sebagai wujud implementasi BKP-MBKM diantaranya Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, dan Proyek Desa.

Baca Juga:  FBB Ke- 7 SMP Islam Athirah 1 Makassar, Dukung Program 18 Revolusi Pendidikan

Lanjut, Kaprodi Administrasi Bisnis (S1), Ibu Krismiyati, S. AN., M. Si. menyatakan kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan struktur mata kuliah serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEKS yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran.

FGD diawali Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Biak menyampaikan dalam pengembangan kurikulum diharapkan dapat berpedoman dengan visi dan misi Bupati Kabupaten Biak Numfor yang selaras dengan visi misi IISIP YAPIS Biak. Perlu adanya sinergi (kolaborasi) dengan pemerintah daerah, praktisi dengan perguruan tinggi sekiranya dapat masuk ke kampus mengambil bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Penguatan mata kuliah keuangan (pembukuan sederhana) dan sekiranya menghadirkan mata kuliah perkopreasian.

Dilanjutkan dengan penyampaian perwakilan PT. Hadi Supermarket, Awaludin (Human Capital), perekrutan karyawan/staff terkendala dalam SDM, Background Pendidikan, dan Pengalaman (skill). Rendahnya kualitas SDM mengenai pengalaman berorganisasi dan undang-undang ketenagakerjaan). Oleh sebab itu kami berharap ini dapat dijadikan mata kuliah wajib pada prodi administrasi bisnis. Dalam penyampaiannya, kemudian PT. Hadi Supermarket lebih banyak merekrut fresh graduate dan membuka seluas-luasnya perguruan tinggi untuk mitra/kerjasama sebagai penyedia SDM yang unggul dan siap pakai.

Dan berbagai masukan juga disampaikan oleh Bapak Gerry (Pimpinan PT. Hasjrat Abadi), Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), Bapak Makka Arief, Bapak Sidik (PT. Garuda), Pimpinan PT. Pelindo IV Biak, Pimpinan KPP Pratama Biak, Alumni program studi administrasi bisnis, dan pimpinan PT. Angkasa Pura I Biak.

Komentar

News Feed