Reformasi Kebijakan Publik (Perspektif Makro dan Mikro

BARRU POS — Buku berjudul “Reformasi Kebijakan Publik (Perspektif Makro dan Mikro)” setebal 343 halaman ini ditulis oleh tim penulis dengan Hayat sebagai editor. Merupakan cetakan ke-1 pada September 2018 dengan Penerbit Prenadamedia Group (Divisi Kencana), Jakarta.

Dalam buku ini terdiri dari beberapa bagian antara lain, Bagian 1 Reformasi Kebijakan Publik, Bagian 2 Kebijakan publik, Bagian 3 Kebijakan dan Pelayanan Publik dan Bagian 4 Kebijakan dan Otonomi Daerah. Pada masing-masing bagian terdiri dari beberapa bab yang menjelaskan bagaimana kebijakan dalam pemerintahan daerah dan pemerintahan desa, serta fenomena yang terjadi di dalamnya.

Kehadiran buku ini mampu menjadi sumber yang memberikan evaluasi dalam perkembangan dinamika reformasi kebijakan publik yang semakin kompleks. Secara lumrah, kebijakan publik terdiri dari formulasi kebijakan, implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan.

Namun, seiring dengan semakin kompleksnya dinamika perkembangan ilmu administrasi publik, maka dibutuhkan suatu reformasi kebijakan dengan langkah yang strategis dalam menentukan kebijakan yang lebih baik.
Di dalam buku ini diberikan penjelasan mengenai fenomena reformasi kebijakan publik yang terjadi dengan perspektif makro dan mikro.

Sehingga mampu memberikan konsep ulang yang mampu menyusun formulasi reformasi kebijakan publik dengan langkah konkret untuk menemukan formula baru, mengganti formula yang ada dan atau memperbaikinya.

Reformasi kebijakan bertujuan untuk memberikan keputusan-keputusan dari hasil evaluasi fenomena yang telah ada, apakah kebijakan tersebut perlu diperbarui, diganti dengan kebijakan yang baru atau perlu diperbaiki.

Reformasi kebijakan mempunyai peran signifikan dalam menentukan formulasi yang lebih efektif dan efisien, sehingga penyelenggaraan kebijakan publik tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan dari reformasi yang diharapkan.

Sumber: Afrida Putri Maulidiyah (21801091134), Mahmud Hidayat (21801091143), Moch. Dzulfikar F. R. A. (21801091154).

Barrupos

Tinggalkan Balasan

Next Post

Tanah Longsor di Jalange, Akibat Aktivitas Tambang Trass

Sel Jan 21 , 2020
BARRU POS–Peristiwa longsornya tanah di pinggir jalan poros, tepatnya di Dusun Jalange, Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, diduga akibat aktivitas tambang milik PT. Cahaya Saga Utama, berdampak pada jalan poros. Pantauan barrupos.com, dilokasi longsor terjadi pada Senin (21/01/2020) lalu, tambang trass tersebut berbatasan langsung dengan poros barru Pare – […]

BERITA TERBARU