oleh

Rumah Aspirasi Indonesia Salurkan Aspirasi ke Dinas Koperasi & UMKM

-Berita-240 views
Media Sosial

BARRU POS--Semakin daruratnya pandemi covid 19 yang dihadapi, membuat perputaran ekonomi pada setiap daerah menurun, termasuk di Kabupaten Barru.

Baca Juga:  Kabar Duka Anggota Polisi Asal Siawung Barru, Gugur Dalam Tugas di Papua

Hal ini berdampak secara tidak langsung di beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Barru. Seiring dengan hal tersebut, Instruksi dari presiden tentang penangguhan kredit bagi UMKM dikeluarkan guna membantu para pelaku UMKM yang terkena dampak menurunnya perputaran ekonomi.

Rumah Aspirasi Indonesia, selaku organisasi pemuda dan masyarakat menilai instruksi presiden tersebut harus dipahami oleh masyarakat dan pihak pembiayaan di Kabupaten Barru.

“Kami sering kali mendengar keluhan masyarakat tentang kreditnya di bank maupun dipembiayaan non perbankan, dan kami melihat tidak ada sosialisasi khusus dari pihak pembiayaan bank ataupun non perbankan terkait hal ini,” kata Farid, selaku Pengurus Rumah Aspirasi, Sabtu (18/04/2020).

Berangkat dari hal tersebut, Rumah Aspirasi meminta penjelasan dan penanganan yang serius kepada pihak Dinas Koperasi & UMKM.

Baca Juga:  HUT Ke-59 Barru, Gubernur Resmikan Smart Information Center dan Gedung Tower Bupati Barru

A. Takdir, selaku Kadis Koperasi & UMKM Kabupaten Barru, mengapresiasi masukan dari Rumah Aspirasi tersebut saat diwawancari melalui WhatsApp.

“Terkait hal itu, OJK selaku institusi yang berwenang sudah menindaklanjuti, adapun untuk Koperasi Simpan Pinjam yang ada di Kab. Barru, kami siap untuk memediasi pihak koperasi dan anggota koperasi (pelaku UMKM) untuk mencari solusi terbaik,” terang Pak Kadis Koperasi.

Baca Juga:  Hore! Ketua RT Se-Desa Manuba Dapat Motor Dinas

Menurutnya juga, masyarakat yang mempunyai sangkutan kredit di bank ataupun pembiayaan non perbankan, yang terkena dampak tidak langsung dari pandemi ini, berkomunikasi langsung ke pihak bank ataupun pembiayaan non perbankan untuk lebih efisien.

Rumah Aspirasi Indonesia berharap, agar kiranya seluruh lembaga perbankan ataupun non perbankan bisa memberi sedikit kemudahan dan kelonggaran kepada nasabah yang terkena dampak tidak langsung dari pandemi ini.

Reporter : Mudaksir Anci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed