oleh

Sejumlah Banner ‘Gelap’ Muncul, Tak Kapok Dirazia Satpol PP Barru

-Pemilu2019-1.340 views
Media Sosial

Barru Pos–Sejumlah Alat peraga kampanye (APK) berupa banner petahana calon Presiden RI, Joko Widodo, terpasang di jalan poros Barru Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Jumat (12/4/2019).

Banner tidak berizin atau gelap selalu muncul di pinggir jalan poros. Meski Satpol PP rajin merazia, selalu ada saja banner yang tiba-tiba terpaku di pohon.

Salah satu banner gelap dan dipaku di pohon banyak ditemui di jalan-jalan adalah banner Cares 01 meski terus dirazia oleh Satpol PP Kabupaten Barru.

Banner itu dipasang dipohon maupun dengan cara memaku pohon di sepanjang jalan poros Barru.

Dalam banner, selain foto dan nama Joko Widodo, terdapat tulisan Kerja Nyata.Nampak terlihat tulisan lanjutkan. Ada juga tulisan pendidikan untuk rakyat (KIP), Kesehatan untuk Rakyat (KIS) dan Pembangunan Infrastruktur.

Selain itu, ada juga bantuan untuk keluarga (PKH), pembangunan merata (dana desa dan kelurahan).

Diketahui, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup melarang pemasangan baliho dan banner pada pohon.

“Dalam PKPU itu juga ada larangan lokasi pemasangan APK dan bahan kampanye, misalnya di lembaga pendidikan, rumah ibadah, sarana dan prasarana publik, jalan bebas hambatan, taman dan pepohonan.

Perbawaslu Nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan APK. Dalam pasal 26 disebutkan bahwa ketika melakukan pengawasan kampanye terkait APK maka Bawaslu wajib menertibkan.

Dalam hal ini rekomendasi ke lembaga lain salah satunya Satpol PP sebagai eksekutor.

Tim Redaksi Barrupos.com

Baca Juga:  Akbar Faizal Indikasi Kecurangan Memang Tercium keras dari Daerah ini

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed