oleh

Sekdes Dipecat Bupati Lantaran Tak Ikut Bukber, Alasan Sekdes karena Asam Urat

-Berita-1.709 views
Media Sosial

Barru Pos, Manado – Tidak hadir saat acara buka bersama (bukber) seorang sekretaris desa (sekdes) di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dipecat. Bukan hanya itu saja, Bupati juga menahan dana desa sampai masalah ini selesai.

Kasus ini terjadi di Desa Togid Kecamatan Tutuyan, Boltim, Sulawesi Utara. Sekdes Togid Djisman Boroma tidak hadir buka puasa karena mengeluh sakit asam urat.

Boroma tak menghadiri undangan buka puasa bersama Pemerintah Kabupaten Boltim yang di Desa Togid. Bupati Sehan menilai Sekdes Togid tak loyal terhadap pimpinan. Apalagi dia sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Terlebih lagi, dia menjadi penanggung jawab acara buka puasa. “Harusnya perangkat di desa jadi contoh, kepada masyarakat dalam menghadiri semua hajatan di desa,” ujar Sehan Landjar di Boltim, Ahad (2/6)

Kata Sehan, bila berhalangan segera melapor ke Sangadi (Kepala Desa). Bagi Sehan, diamnya Boroma berarti tidak bertangung jawab terhadap tugas serta instruksi pimpinan.

“Saya harus tegas. Agar roda pemerintah berjalan dengan baik antara pimpinan dan staf dari desa hingga pemerintah daerah,” ujar dia lagi.

Sekdes Togid Djisman Boroma mengaku tidak hadir karena penyakit asam uratnya kambuh sehingga ia susah berjalan.

“Saya sebenarnya akan hadir. Namun kaki tak bisa jalan, karena asam urat,” ujar Djisman Boroma.

Sang sekdes hanya pasrah atas keputusan bupati jika memang dinonaktifkan. Dia pun tinggal menunggu berkas dan administrasinya.

“Kami harus siap. Ditempatkan sesuai instruksi bupati, lewat Badan Kepegawaian Daerah” ujar dia.

Keputusan Bupati Sehan ini pun langsung ditindaklanjuti Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, Robi Mamonto.

“Kami langsung buat suratnya dan diserahkan ke bupati. Untuk ditanda tangani proses nonaktif,” ujar Robi Mamonto.

Baca Juga:  'Gerah’ Dengan Wacana Penundaan Pilkada 2020 Begini Reaksi, KPU dan Kesbang Pol Selayar

Redaksi: Barrupos.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed