oleh

Sekolah Islam Athirah Gelar Penerimaan LKHBS Secara Virtual

-Berita-208 views
Media Sosial

BARRU POS-–Sejak pandemi Covid-19, pemerintah mewajibkan diberlakukannya pembatasan sosial di aktivitas masyarakat. Sebagian besar aktivitas masyarakat dilakukan secara virtual. Begitupun dengan aktivitas pembelajaran dan layanan di Sekolah Islam Athirah, mulai dari proses belajar mengajar, ujian, hingga penamatan dan perpisahan yang biasanya digelar secara langsung di sekolah, kini hanya boleh dilakukan secara virtual.

Hari ini, Selasa (23/6/2020) Sekolah Islam Athirah mengadakan pembagian Laporan Kerja dan Hasil Belajar Siswa (LKHBS) atau Rapor siswa serentak di tiga wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga, dan Bone. Kegiatan ini biasanya melibatkan pertemuan antara guru (wali kelas) dengan orang tua siswa yang dilakukan di sekolah. Dalam pertemuan itu biasanya guru memberikan LKHBS kepada orang tua siswa sekaligus berbincang-bincang terkait perkembangan akademik siswa. Selain itu, tentunya sebagai ajang silaturahmi guru dengan orang tua siswa.

Kali ini, hal itu dilakukan dengan cara yang berbeda. Di SMA Islam Athirah 1 Makassar, pembagian LKHBS dilakukan melalui aplikasi perpesanan instant whatsapp. Wali kelas berkomunikasi dengan dengan orang tua siswa melalui whatsapp, selanjutnya melalui aplikasi tersebut guru mengirimkan berkas lampiran berformat pdf yang berisi LKHBS dan catatan perkembangan akademik siswa.

“Jadi kita awali dengan pertemuan virtual, lalu file rapor kita kirim ke orang tua dengan japri (jalur pribadi). Setelah itu wali kelas membuka layanan komunikasi dengan orang tua untuk mendiskusikan perkembangan akademik siswa” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM SMA Islam Athirah 1 Makassar B.J. Gunawan, S.Pd., M.Pd.

SMP Islam Athirah 1 Makassar juga melaksanakan pembagian rapor secara virtual. Guru mengirimkan berkas LKHBS, selanjutnya diatur waktu berdialog oleh wali kelas dengan orang tua siswa.

Baca Juga:  Bupati Wajo kunjungi Program Serasi di Kecamatan Majauleng

“File rapor kita bagikan lebih awal untuk dilihat dan dicermati oleh orang tua siswa, besoknya kita sediakan waktu untuk walas berdialog dengan orang tua siswa via google meet, zoom, ataupun melalui panggilan suara whatsapp)” ujar Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, S.Pd.

Selanjutnya di SMP Islam Athirah Bukit Baruga, agenda pembagian LKHBS diawali dengan selayang pandang dan laporan pembelajaran selama satu tahun oleh kepala sekolah. Kegiatan itu digelar secara virtual dengan menghadirkan siswa didampingi orang tua masing-masing dari rumah. Setelah itu, wali kelas membuat forum virtual dengan anak wali masing-masing bersama orang tua. Di dalam forum tersebut, terjalin komunikasi antara wali kelas dengan orang tua terkait perkembangan akademik siswa.

“Kita kumpulkan dalam satu forum secara virtual, yang terlibat tadi sekitar 80 persen dari seluruh jumlah siswa kelas VII dan VIII. Setelah acara, forum virtual juga dibuat oleh wali kelas, di sanalah mereka berkomunikasi dan membagikan rapor dalam bentuk file” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM SMP Islam Athirah Bukit Baruga, Muhammad Irsyad Hamdan, S.Pd.

Selain itu, di SMA Islam Athirah Bukit Baruga peneriman LKHBS dilakukan dengan dua cara yakni, secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dilakukan bagi orang tua yang bersedia hadir di sekolah dan orang tua yang diundang khusus karena dianggap perlu membangun komunikasi intensif terkait perkembangan akademik siswa.

“Secara langsung dilakukan tentunya dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Dr. Bakry Liwang, M.Si.

Lebih jauh Bakry menambahkan, penerimaan rapor yang dilakukan secara tidak langsung yakni dengan mengirimkan berkas kepada orang tua siswa melalui aplikasi perpesanan instan whatsapp. Bahkan, beberapa orang tua siswa meminta LKHBS siswa dikirim melalui jasa kurir. “Ada beberapa yang meminta kita kirim melalui ekspedisi, ada juga melalui gojek,” imbuhnya.

Baca Juga:  Peringatan Hari Ibu di Barru, Begini Harapan Bupati Barru

Sementara itu di Sekolah Islam Athirah Bone untuk tingkat SMP dan SMA mengawali penerimaan LKHBS dengan memberikan motivasi dan apresiasi bagi siswa berprestasi. Kegiatan itu digelar secara virtual melalui paltform konferensi video google meet.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM SMA Islam Athirah Bone, Andi Citra Rahmayani, S.Pd. mengatakan bahwa dalam pertemuan itu disampaikan capaian-capaian siswa selama satu tahun pelajaran.

“Jadi seluruh siswa, meet dengan kepala sekolah, di situ disampaikan apresiasi atas pencapainnya dan juga motivasi agar ananda tetap semangat untuk belajar,” ujarnya saat dihubungi.

“Harapannya kegiatan ini tidak mengurangi esensi penerimaan rapor yang sejatinya dilaksanakan di kelas dengan interaksi antara orang tua siswa dengan wali kelas. Semoga segala informasi tekait capaian siswa selama satu tahun kegiatan pembelejaran tetap dapat tersampaikan dengan baik,” sambung Kepala SMP Islam Athirah Bone, Nuraeni, S.Pd.

Untuk tingkat Sekolah Dasar dan Taman Kanak – kanak juga melaksanakan pembagian LKHBS secara virtual, baik untuk wilayah Kajaolalido maupun wilayah Bukit Baruga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed