oleh

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Basis Disabilitas

-Berita-1.540 views
Media Sosial

Barru Pos– Sosialisasi Tim relawan demokrasi basis disabilitas yang di pusatkan di aula baruga sayang kantor Desa Galung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Rabu (13/03/2019).

Kegiatan ini melibatkan dua Desa Terdekat yakni Desa Galung dan Desa Tompo. Di hadiri oleh Ketua PPK Kecamatan Barru dan anggota, PPS 2 desa dan beberapa warga yang menyandang disabilitas dan para keluarga pendamping.

Kepala Desa Galung, Jumardin, dalam sambutan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena bisa sangat membantu bagi warganya yang termasuk penyandang disabilitas,” ungkapnya KadeS Galung.

Sosialisasi ini di Pandu langsung oleh salah satu Relawan Demokrasi Muhammad Akbar, memberikan langsung penjelasan tentang Pengenalan lima jenis warna kertas surat suara yang akan di gunakan, serta tata cara penggunaan hak suara dan cara pencoblosan pada kertas surat suara yang akan di gunakan pada saat tanggal 17 April 2019,” ucap Muhammad Akbar.

Sementara Ketua PPK Kecamatan Barrru Muhammad Nur Abduh, juga menjelaskan tentang pendampingan bagi keluarga penyandang disabilitas yg akan di dampingi ketika pemilih ingin menggunakan hak suaranya di TPS.

Pendamping yang hanya mengantarkan ke bilik suara Untuk kategori ini, pemilih difabel hanya didampingi sampai bilik suara. Proses pencoblosan surat suara dilakukan secara mandiri.

Selanjutnya, bagi kategori pemilih difabel yang membutuhkan bantuan dalam proses pencoblosan, KPU memberikan kesempatan bagi pendamping untuk mengantarkan pemilih difabel hingga masuk ke dalam bilik suara. Pendamping bahkan bisa mencobloskan surat suara untuk pemilih difabel yang tak mampu mencoblos secara mandiri.

Tapi pilihan itu tetap hak si pemilih. Misalnya saya mau coblos partai jeruk. Mau calon nomor sekian, pendamping hanya menyobloskan.” ujar Ketua PPK Kecamatan Barru Muhammad Nur Abduh.

Baca Juga:  Embung Paccekke Barru, Manfaatnya Untuk Petani dan Sebagai Destinasi Wisata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed