oleh

Sosok Harianto Albarr, Pemuda Dengan prestasi Membanggakan

-Sosok-30 views
Media Sosial

Barrupos.com. Harianto Albarr nama yang kian akrab dan sering kita dengar bahkan telah menjadi perbincangan public masyarakat Barru. Ia digadang banyak pihak sebagai salah satu asset masa depan Barru. Figur muda, anak muda dari pelosok desa dengan segudang prestasi membanggakan, tidak hanya buat dirinya sendiri tetapi juga daerah, Kabupaten Barru. Lalu siapa sesungguhnya Harianto Albarr? Berikut ulasan kami.

Latar Belakang

Harianto Albarr lahir dari keluarga sederhana di Ampiri, Desa Bacu-Bacu, kecamatan Pujananting 30 tahun silam. Ia menghabiskan usia hingga belasan tahun di kampung halaman sebelum ikut ikut ujian SD di sekolah SD Jalanru, Kelurahan Lompo Riaja, Tanete Riaja pada tahun 2001. Setelahnya, ia melanjutkan sekolah di SMPN 1 Tanete Riaja dan SMAN 1 Barru. tahun 2007 merantau ke Makassar untuk kuliah dan menyelesaikan Kuliah S1 di UNM Makassar, S2 UNHAS dan sekolah management Kewirausahaan di STIE NOBEL Indonesia Makaassar.

Awal Mula Pergerakan

Semenjak Harianto Albarr masuk kuliah, ia aktif pada berbagai kegiatan intra dan extra kampus untuk mengembangkan diri. dari BEM Jurusan, UKM hingga organisasi extra kampus seperti LDK (lembaga dakwah kampus) dan HIPMI Perguruan Tinggi. Bagi Harianto, organisasi adalah kesempatan emas mengembangan diri, menambah pertemanan dan jejaring, “kelak di hari esok, setiap pengalaman berorganisasi bermanfaat bagi kehidupan kita” kata Harianto yang dilansir media online sebelumnya.

Disisi lain, Harianto tidak mencukupkan diri dengan berpangku tangan sebagai mahasiswa biasa. Ia mau menjadi mahasiswa istimewa dengan senantiasa memiukirkan kampung halamannya. Berbekal dengan pengetahuan seadanya, ia bersama warga kampung membangun instalasi listrik PLTMH (pembangkit listrik tenaga mikrohidro) sebagai cikal bakal jalan hidup Harianto.
Terang saja, dari bentuknya yang sederhana kini PLTMH ide Harianto tak tangung-tanggung, telah banyak diimplementasikan di banyak desa dan pelosok negeri, tidak hanya di Sulawesi tetapi juga daeral lain seperti Maluku dan Papua. Tak pelak, Harianto pun banyak menuia penghargaan dan apresiasi dari banyak pihak, dari swasta multi nasional, BUMN, media, pemerintah daerah, pemerintah pusat hingga komunitas internasional.

Tercatat harianto albarr pernah menyancang penghargaan seperti Wirausaha Muda Mandiri, Satu Indonesia Award, Nominator People Of The Year, Penghargaan Energi Pratama ESDM RI, Marketing Icon Makassar, TTG Award Pemprov Sulawesi Selatan, Subtoro Award Menteri ESDM RI hingga Innovation Award dari Australia Entrepreneur Story dan penghargaan lainnya.

Harapan untuk Barru

Harianto mengaku terus belajar dan berinovasi sebagai bekal di usia tua. “ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan hari ini akan menjadi bekal untuk hari esok. Jika saja kita belum mampu untuk mewujudkannya, paling tidak kita telah memulai. Kita punya potensi besar, terutama di desa dan pemuda pemuda desa. Saya punya keyakinan besar dengan mengotimalkan segala potensi yang ada, kita tidak hanya menjadi kasawan yang maju dengan Bergama produk unggulan tetapi akan mendunia sebagaimana cita-cita pendahalu kita” kata Harianto yang dikutip dari akun social medianya.

Ya, Harianto kini mempopulerkan istilah Barru Mendunia. Menurutnya, Barru Mendunia adalah sebauh ide gagasan masa depan Barru. Dari Barru Mendunia melahirkan dedikasi yang merupakan akronim dari desa digital, kewirausahaan, dan pariwisata. Konsepsi ini menekankan pada pengembangan potensi desa dengan actor actor perubahannya adalah pemuda pemuda desa. Harianto Albarr percaya, dengan memajukan desa, memberikan fasilitas yang memadai bagi pemuda pemuda desa, membangun UKM naik kelas, Barru insha Allah akan bisa sejajar dengan kabupaten kota maju yang ada di Indonesia.

Penutup

Menarik ditunggu arah dan perkembangan dari gagasan anak muda desa ini. Bagaimana kelanjutan dari poltiik gagasan yang ia rintis dari bangku kuliah. Apakah relevan dengan masyarakat Barru? kita tunggu saja informasi selanjutnya mengingat pilkada Barru semakin dekat dan pilkada adalah jalan yang sah dan konstitusional untuk mewujudkan ide gagasan yang baru pada daerah. Harianto albarr selain sebagai sosok milenial yang tranding topic, pengusaha dari desa juga adalah politisi muda Kabupaten Barru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *