oleh

Tradisi Mattimpa Bujung di Dusun Maddo

-Berita-1.041 views
Media Sosial

BARRU POS — Tradisi mattimpa bujung dilakukan warga dusun Maddo dilaksanakan 28/11/2019 di Desa Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Kamis (28/11/2019).

Kota Hibrida julukan Kabupaten Barru memiliki banyak keanekaragaman cagar budaya. Salah satu adat istiadat terus dipelihara masyarakat di Dusun Maddo, Desa Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru adalah Mattimpa bujung.

Mattimpa bujung diambil dari Bahasa Bugis yang berarti membersihkan sumur dengan cara mengeluarkan airnya dengan memakai timba.

Di kampung Maddo inilah, terdapat sebuah sumur besar tua (bujung lompo) yang dikeramatkan. Sumur itu tidak pernah kering (temmetti) meski musim kemarau melanda Kawasan itu.

“Tradisi mattimpa bujung ini merupakan tradisi leluhur yang kita laksanakan bersama masyarakat setempat setiap kali menjelang musim tanam atau turun sawah, berbagai makanan disajikan yang merupakan swadaya dari masyarakat yang akan disantap bersama setelah mattimpa bujung selesai dilaksanakan.

Tidak kalah penting kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang didapat tahun ini serta kegiatan Ini akan menjadi perekat semangat kebersamaan apalagi hajatan-hajatan dilakukan secara Bersama-sama oleh masyarakat Dusun Maddo itu dilandasi semangat gotong royong dengan tidak memandang jabatan, kedudukan, status sosial serta menjaga kearifan lokal.” ujar Sulfiamin salah satu tokoh pemuda setempat.

Apalagi lanjutnya, kegiatan ini penuh dengan nilai nilai budaya, nilai-nilai yang luar biasa dalam mencintai warisan yang sudah turun temurun dilaksanakan dan sudah sepantasnyalah kita sebagai masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian alam ciptaan Allah Yang Maha Esa, mari kita ciptakan kepedulian terhadap lingkungan, lestarikan budaya leluhur tanpa merusak sendi-sendi agama,”u ngkapnya.

Reporter : Mudaksir Anci

Editor: Irfan Arifin

Baca Juga:  Ororitas Jasa Keuangan Bakal Siapkan Sistem Layanan di MPP Masiga Barru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed