oleh

Barru Kembangkan Padi Air Payau Plus Udang Windu

-Pertanian-1.148 views
Media Sosial

 

Foto: Pak Nurtang penyuluh perikanan (02/02/2019.Andi Faisal/BarruPos

Barru pos— Program Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan Pusat sedang melakukan uji coba tanaman padi. Uji coba tersebut secara khusus dikembangkan pada air bersalinitas atau air payau. Lokasi uji cobanya berada di Dusun Oring, Desa Lawallu, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Penyuluh Perikanan Soppeng Riaja, Nurtang mengatakan, pihak yang bertugas di kecamatan terlebih dulu menyediakan lahan. “Kriterianya adalah lahan yang sering digenangi air asin pada saat air laut pasang. Dari kriteria tersebut, ditemukan lima petak sawah yang siap diadakan uji coba,” ujar Nurtang kepada Barrupos.com, Sabtu (2/3/2019)

Nurtang yang ditunjuk untuk mengawasi rangkaian uji coba tersebut menjelaskan, padi yang akan ditanam adalah padi jenis invari 34 dan invari 35.

“Sebelum melakukan uji coba, maka terlebih dahulu petakan sawah ditinggikan. Sehingga ada sedikit areal yang dalam untuk penebaran windu dalam satu petaknya. Sedangkan di dalam satu petak sawah ditanami dua macam tanaman dengan metode pemberian air yang sama dan dosis pupuk yang sama,” ujar Nurtang.

Kuncinya, lanjut Nurtang, adalah salinitas air terjaga pada batas tertentu yaitu hanya sampai 7 per mil. “Dari hasil uji coba ini diperoleh hasil yang cukup memuaskan,” urainya.

Untuk tahun ini, sambung Nurtang, lokasi tersebut sudah diambil alih Balai Riset Perikanan Budi Daya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBDAP3) Kabupaten Maros yang tetap dikomandoi oleh BRPBDAP3 Pusat. “Saat ini kami sedang melakukan uji coba tahap kedua,” tandas Nurtang.

Reporter : Andi Faisal
EditorĀ  : Ilham

Baca Juga:  Gappembar Komisariat 1 dan KKP Unismuh Makkasar Gelar Aksi Penanaman Pohon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed