oleh

Tugas Akhir di Wilayah Pesisir Kabupaten Barru, 3 Mahasiswa Politeknik BOSOWA Berhasil Terbitkan Haki Sistem Akuisisi Data Gelombang Laut Berbasis IoT

Media Sosial

Barrupos.com-Tiga orang mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) menerbitkan buku Panduan Petunjuk dan memperoleh merek pemegang Hak Cipta Sistem Akuisisi Data Gelombang Laut Berbasis (SIAGA LAUT-IoT), Jumat (5/8/22).

Buku Panduan Petunjuk tersebut dibuat oleh Ahmad Daniel, Andi Ambas Hafid dan Burhan BJ. Dalam pengembangan tersebut, ketiga mahasiswa dibantu oleh dua dosen pembimbing.

Hak Cipta untuk Buku Panduan Petunjuk secara resmi diperoleh pada tanggal 1 Agustus 2022 di Makassar, melalui Surat Pencatatan Ciptaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Ahmad Daniel mengungkapkan Data tinggi gelombang laut sangat dibutuhkan dalam dunia kemaritiman untuk menunjang aktivitas nelayan,transportasi, dan kehidupan pesisir,Namun karena keterbatasan data yang didapatkan sehingga sulit memperoleh data pengukuran dan diperlukan suatu sistem yang mampu mengamati perubahan tinggi gelombang laut lebih akurat.

” Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengujian sensor dan tampilan pada aplikasi dan hasil menunjukkan sistem akuisisi data tinggi gelombang laut yang telah dirancang dapat bekerja dengan presentase eror sebesar 1,26% serta memiliki tingkat pengukuran akurasi 98,74%,”ungkap Daniel.

Andi Ambas Hafid turut memaparkan jika hasil pengujian unjuk kerja sistem akuisisi tinggi gelombang laut yang telah dirancang mampu mendeteksi, mengumpulkan, mengirim, mengolah dan menampilkan data hasil secara realtime.

“Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan suatu sistem pengukuruan tinggi gelombang laut yang mampu melakukan akuisisi data hasil pengukuran dapat diolah dan dipantau secara realtime setiap saat,” papar Ambas.

Sebagai bentuk implementasi dari tugas akhir tersebut, ke-tiga mahasiswa menjadikan wilayah pesisir kabupaten Barru tepatnya di dusun Ujunge Desa Madello, sebagai objek penelitian dan Pengambilan Data alat Tugas Akhir, Penelitian tersebut dilakukan selama 2 hari Dengan rentan waktu perbandingan beberapa jam untuk menegetahui potensi gelombang yang akan datang di jam tertentu, dan hasil data yang didapatkan akan dipaparkan pada Seminar Hasil 2 Pekan kedepan.

Baca Juga:  PAC PP Mallusetasi Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun

Beragam Pendapat dan dukungan yang didapatkan dari warga sekitar sehingga proses penelitian dapat berjalan dengan lancar. Salah seorang warga mengungkapkan harapan yang besar agar alat tersebut dapat berguna bagi warga didaerah tersebut, terkhusus para nelayan untuk aktivitas mata pencahariannya.

Hak Cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki ruang lingkup objek dilindungi paling luas, karena mencakup ilmu pengetahuan, seni dan sastra yang di dalamnya mencakup pula program komputer.

Sumber : Afis

Komentar

News Feed