oleh

Unit Resmob Reskrim Polres Barru Sikat Pelaku Penipu dan Penggelapan

Media Sosial

BARRUPOS.COM: BARRU- Tim dari Unit Resmob Satuan Reskrim Polres Barru di backup Unit Opsnal Sat Narkoba Polresta Mamuju Polda Sulbar dan Opsnal Sek. Mallawa Polres Maros, berhasil mengamankan seorang Pelaku tindak pidana Penipuan dan penggelapan Ranmor jenis roda dua atau Motor, di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, pada hari Senin, 20 Juli 2020 sekira pukul 10.00 Wita.

Pelaku berinisial AK (45), warga Desa Garessi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, diamankan berdasarkan Laporan Polisi: LP/131 /VI/2020/SULSEL/RES.BARRU. tgl 11 Jani 2020.

Kasat Reskrim Polres Barru, AKP Alimuddin, melalui Kasubag Humas, AKP Sainuddin menjelaskan, Pelaku melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan cara pertama-tama pelaku mendekati korban dengan cara dipacari kemudian dijanji akan dinikahi, setelah beberapa minggu kemudian pelaku pun meminjam 1 unit motor jenis Yamaha mio Soul warna hitam putih dan 1 unit handphone milik korban dengan alasan bahwa pelaku akan ke rumah keluarganya. Setelah pelaku berhasil meminjam barang milik korban, pelaku pun langsung menuju ke Bone dengan maksud untuk bertemu dengan temannya berinisial Aa dan sesampainya Bone, pelaku pun menjual barang bukti tersebut kepada temannya Aa seharga Rp. 1,5jt.

“Pelaku AK ini adalah Resedivis, diamankan bersama barang bukti 1 unit handphone merek Samsung J2 prime warna Hitam” kata Sainuddin via WhatsApp, pada Kamis (23/7).

Menurut AKP Sainuddin, berawal dari Laporan Polisi, Petugas melakukan serangkaian penyelidikan dengan hasil bahwa pelaku tersebut berada diwilayah Kota Mamuju, selanjutnya Tim pun bergerak menuju kota Mamuju dan melanjutkan penyelidikan, setelah mengetahui tempat persembunyian pelaku, tim yang dibackup Unit Opsnal setempat pun melakukan penggerebekan dan berhasil mengamankan pelaku tanpa perlawanan.

Baca Juga:  Respon Keluhan Warga, Bupati Barru di Nilai Memberikan Harapan Besar Kepada Masyarakat

“Setelah dilakukan introgasi awal pelaku menyebutkan bahwa barang bukti berupa 1 unit motor dan 1 unit handphone dia jual di wilayah Mallawa, Maros hingga pada hari selasa 21 Juli 2020 team pun langsung bergerak menuju Kabupaten Maros untuk melakukan pencarian BB dengan berkoordinasi dengan Opsnal Sek. Mallawa Polres Maros” terang Sainuddin.

AKP Sainuddin menambahkan bahwa, pelaku pernah melakukan aksi serupa di wilayah kabupaten Bone pada bulan Juli 2020 dan berhasil membawa lari kendaraan R6 Truk jenis Mitshubshi Canter warna Kuning.

“Selain itu, Pelaku pun merupakan residivis tindak pidana diberbagai wilayah antara lain :
1. Pada tahun 2002 terlibat kasus pencurian di kab. Barru.
2. Pada tahun 2008 terlibat kasus Curnak di Kab. Barru.
3. Pada tahun 2015 terlibat kasus penggelapan mobil di kab. Lutim, Lutra dan Palopo.
4. Pada tahun 2016 terlibat kasus penggelapan motor di Kab. Barru
5. Pada tahun 2017 telibat kasus penggelapan mobil di Kab. Bone.
6. Pada tahun 2018 terlibat kasus penggelapan motor di Kab. Barru” ungkap Sainuddin.

(Tim Barrupos)

News Feed