oleh

Zulkifly Pemuda Desa Ajakkang Berhasil Mengembangkan Bisnis Pertanian Hidroponik

-Pertanian-135 views
Media Sosial

Barrupos.com, Zulkifly (Atonk) siswa 17 tahun SMA 2 Barru berhasil mengembangkan bisnis pertanian hidroponikyang berawal dari tugas sekolahnya.

Awal mula pertanian hidroponik yang di kembangkan Zulkifly (Atonk) karena adanya pembelajaran prakarya tentang aquaponik. Saat pembelajaran materi telah selesai Atonk meminta kepada gurunya untuk membawa pulang instalasi tersebut dan jadilah 1 instalasi hidroponik yang berjumlah 72 lubang di halaman rumahnya.

Untuk belajar bertanam dengan teknik hidroponik, Atonk lebih banyak mengandalkan belajar dari YouTube dan juga beberapa senior organisasinya yang memiliki pengalaman di hidroponik.

Keseriusannya dalam mengelola dan bertanam aneka sayuran dengan hidroponik kini Atonk telah mempunyai green house hidroponik yang berjumlah 450 lubang tanam dan menanam beberapa jenis sayur seperti Selada, sawi , dan pakcoy.

Atonk remaja SMA berusia 17 tahun yang berasal dari Desa Ajakkang ini tak menyangka keisengannya mengembangkan sayuran dengan teknik hidroponik mendatangkan berkah bagi dirinya.

Kebun yang dikelola oleh Atonk ini dinamai dengan nama KEBUN MILENIAL yang terletak di Kab. Barru, Kec. Soppeng Riaja ,Desa Ajjakkang, Lacaulu.

Meskipun keuntungan yang didapat Atonk tak begitu banyak dalam sebulan itu sudah sangat cukup baginya untuk memenuhi kebutuhannya sebagai pelajar.

Di masa pandemi, kata Atonk, bertanam sayur dengan teknik hidroponik merupakan alternatif berkebun hingga bisa mendatangkan penghasilan bagi pelajar sepertinya. Tak hanya itu, sayuran hidroponik diklaim lebih sehat dibandingkan sayuran konvensional. Sebab, bertanam sayuran dengan teknik hidroponik bebas dari pestisida.

Selain dapat dijual ke berbagai warung makanan yang ada di daerahnya, hasil panen tanaman hidroponik dan organik juga dapat sebagai bahan konsumsi sendiri.

Tim Redaksi

Baca Juga:  Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Bupati Barru terus berbaur dengan Petani

Komentar

News Feed