Barrupos shared

Barrupos.com-Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua melakukan Studi Banding Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Barru, Lantai 5 Kantor Bupati Barru Rabu 06 September 2023.

 

Turut hadir Sekda Barru, Wakil Bupati Mamberamo Raya (Evermudumi,S.Sos) beserta TPPS Kab Mambemo Raya, Kepala Bappelitbangda, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kadis PUTR Perkim, Kadis Sosial, Kabid Humas IKP Diskominfo-SP

 

Rombongan Studi Banding diterima oleh Bapak Sekda Barru beserta Jajaran pukul 09.30 Wita.

 

Studi Banding tersebut dalam rangka belajar kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Barru yang telah melaksanakan 8 Aksi Konvergensi Stunting menurut hasil SSGI Tahun 2022 sebesar 14,1 % serta inovasi One Day One Egg

 

Sekda Barru Diawal sambutan menyampaikan Salam hormat dan permohonan Maaf dari Bapak Bupati Barru dan ibu Ketua TP PKK Kab.Barru tidak sempat hadir karena sedang memiliki agenda penting di Bandung.

 

“Kami mengucapkan selamat datang dan Sangat berbahagia bahwa Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya bisa berkunjung ke Barru terkait percepatan penanganan stunting, menjadi kebanggaan tersendiri karena daerah kami sudah sering dikunjungi daerah kab/kota lain terkait studi banding tentang stunting”, ucap Sekda Barru.

Lebih lanjut Sekda Barru di depan Wakil Bupati Mamberamo Raya dan Rombongan memaparkan gambaran umum Kabupaten Barru dan Kondisi Indikator Kesehatan Yang berpengaruh terhadap penurunan stunting.

 

Dalam kesempatan tersebut Sekda Barru mengatakan, bahwa Alhamdulillah Selain penurunan stunting Kabupaten Barru juga mengalami penurunan kemiskinan ekstrem dari 8,68 % pada tahun 2021 turun 8,4% pada tahun 2022, Ungkapnya.

 

Sekda Barru juga menjelaskan Langkah dan strategi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Barru diantaranya membangun kelembagaan dan komitmen kolaborasi lintas sektor, Melakukan Penguatan Kolaborasi Mukti Sektor dan Lintas sektor, Implementasi Inovasi Penurunan Stunting di Kab.Barru.

 

Sekda Barru menyebutkan keberhasilan Kab.Barru tidak terlepas dari Kerja Keras semua Pihak dari Tingkat Kabupaten sampai Tingkat Desa dan Kelurahan terkhusus Peran Ibu Ketua TP PKK Kab.Barru yang juga merupakan anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Nasdem.

 

Dijelaskan sekda, program penanganan stunting di Barru tidak terlepas dari Inovasi One Day One Egg yang merupakan Inovasi Ibu Ketua TP PKK Kab.Barru.

 

Disamping itu berbagai inovasi dilakukan skpd terkait seperti : Pede Makessin (Pemerintah Desa Dan Masyarakat Cegah Kasus Stunting) DPMDPPKBPPPA, Cinta Pasti (Cegah Stunting melalui Pengelolaan Sanitasi dan Air Bersih)Dinas PUTR Perkim, Duta Parenting (Pemberdayaan Remaja Peduli Stunting) Dinas Kesehatan, Pepaya Matang (Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Upaya Menurunkan Stunting) Dinas Pertanian dan Ketpang, Mpok Darti (Kelompok Sadar, Stunting) Dinas Sosial.

 

Sekda Barru juga menguraikan 6 Kunci Keberhasilan Penurunan Stunting diantaranya komitmen pimpinan, pengawalan program secara ketat, quick respon terhadap audit stunting, kampanye membngun kesadaran terhadap penurunan stunting yg massif, kelembagaan terstruktur sampai pada tingkat desa kelurahan, kolaborsi lintas sektoral yang tekoordinasi fan terintegrasi.

 

Wakil Bupati Mamberamo Raya Mengucapkan Rasa syukur karena hari ini bisa berada di kabupaten Barru dan bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Barru, Sekda Barru beserta Jajaran, ucapnya.

 

“Selayaknya kami bangga karena ketika di Wilayah Timur kami tahu bahwa Kabupaten Barru adalah menjadi Daerah Indikator Penurunan Stunting, oleh sebab itu niat kami harus datang bertemu dan ingin tahu apa langkah langkah strategis kabupaten Barru sehingga bisa masuk dalam nominasi dalam penanganan penurunan percepatan stuntin”, Ungkapnya wakil Bupati Mamberamo Raya.

 

Lebih lanjut wakili bupati juga berharap Pemerintah Kabupaten Barru dapat membantu kami dalam hal, Pikiran pikiran, langka langkah dan strategis apa yang harus dilakukan dalam percepatan penurunan stunting, harapnya.

 

“kami jujur dengan kondisi topografi sulit dan akses, komunikasi yang terbatas sehingga kami kesulitan melaksanakan 8 Aksi Konvergensi Stunting, Selain studi banding tentang stunting kami juga kedepan Pemerintah Mamberamo Raya dan Pemerintah Kabupaten Barru dapat membangun kerja sama dalam pengembangan daerah di bidang lainnya”, ucap Wakil Bupati Mamberamo Raya.

 

“Terima kasih sebesar besarnya kepada Bupati dan sekda bersama jajaran, mudah mudahan Tuhan meridhoi kegiatan kita”, ungkap wakil Bupati Mamberamo Raya di kantor Bupati.

 

Humas IKP Barru

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan chat disini
Ada yang bisa kami bantu ?