Barrupos shared

Barrupos.com, Gowa – Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat melaui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin Makassar merealisasikan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

 

Program Kemitraan itu menyasar UMKM Annisa Jepara Furniture yang beralamat di Jl. Tun Abdul Razak, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

 

Dengan mengangkat tema “Peningkatan pendapatan UMKM melalui pelatihan pemgelolaan keuangan dan e-comers berbasis budaya lokal” yang di laksanakan di lokasi UMKM pada Sabtu 08 Juli 2023.

 

Seperti diketahui, secara global dan nasional Covid-19 yang melanda indonesia 11 Maret 2020 sangat dirasakan pada sektor UMKM sejak Lockdown, Sosial Distansing sampai memasuki PSBB (Baca: Nurhayati, Dampak Ekonomi dan Sosial Masyarakat, 2020).

Ditambah dengan permasalahan internal mitra Umkm Annisa Jepara Funiture dari sisi manajemen usaha, pengelolaan keuangan, perhitungan harga pokok produksi sampai pada persoalan pemasaran yang belum berbasis E-Commers.

 

Metode pelaksanaan PKM yakni pelatihan dan pendampingan kepada Umkm Annisa Jepara Furniture yang diketuai oleh Romi bersama 10 pekerja lainnya, yang melibatkan tim Dosen yang diketua oleh Dr. Darmawati,SE., M.Si., A.k., CA. bersama anggota yakni Dra. Nurleni, M.Si., A.k.,CA., Dr. Aini Indrijawati, SE., M. Si., A.k., CA., Dr. Sundari, SE., M.Si., A.k., CA., Dr. Andi Kusumawati, SE., M.Si., A.k., CA., dengan mengikut sertakan 2 orang mahasiswa Amalia Zhalzabilla dan Apriliani Kapota.

 

Tujuan Pengabdian Program Kemitraan Kepada Masyarakat ;

1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan dalam mengelola usaha agar dapat memenuhi pesanan tepat waktu

2. Meningkatkan pengelolaan keuangan, menghitung harga pokok produksi

3. Meningkatkan kemampuan pemasaran online sebagai upaya peningkatan pemdapatan pada era new normal setelah pandemik covid-19.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan chat disini
Ada yang bisa kami bantu ?